Artikel Keuangan dan Investasi

  • Follow Us :

Tips Sehat Jasmani, Rohani, dan Investasi, Agar Ramadhan Jadi Penuh Berkah

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Saatnya seluruh umat Muslim untuk berpuasa. Pada saat dunia sedang menghadapi pandemik/wabah virus corona, ada kekhawatiran bahwa ibadah puasa tahun ini menjadi sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Masyarakat harus menyesuaikan diri dalam aktivitas ibadah guna menjaga diri dari risiko terpapar virus corona.

Agar tetap sehat jasmani, rohani, dan investasi saat bulan Ramadhan, berikut tips yang bisa kamu praktikkan walau hanya #dirumahaja :



  • Jaga Kesehatan

Ketika berpuasa sebagian orang sering merasa lemas, mengantuk, pusing, hingga dehidrasi, terutama apabila tubuh kekurangan asupan nutrisi. Kekurangan nutrisi dapat menyebabkan melemahnya sistem imun tubuh sehingga tubuh menjadi rentan terhadap infeksi virus, dan penyakit lainnya. Untuk itu menjaga kesehatan menjadi hal yang sangat penting saat ini, jadi pastikan makananmu saat sahur dan buka puasa mengandung nutrisi yang cukup dan jangan lupa perbanyak minum air putih.

  • Perbanyak ibadah

Bulan Ramadan adalah bulan untuk berbuat amal karena di bulan ini berkah dan pahala dilipatgandakan. Tidak hanya dengan berpuasa, banyak sekali amal ibadah lainnya yang bisa Kamu lakukan. Selain shalat 5 waktu dan membaca Al Quran, yuk perbanyak ibadah dan buat investasimu jadi lebih berkah dengan menyisihkan sebagian cuanmu dari berinvestasi untuk infaq, shadaqah dan menunaikan zakat.

Zakat saham sendiri dapat ditunaikan jika hasil keuntungan investasi sudah mencapai nisab. Nisab zakat saham sama nilainya dengan nisab zakat maal yaitu senilai 85 gram emas dengan tarif zakat 2,5% dan sudah mencapai satu tahun (haul).

Cara menghitungnya juga mudah, yaitu:

Hitung nisab zakatmu -> 85 gram x harga emas

Jika asset dalam akunmu sudah melebihi nisab, maka tuntaskan zakat senilai 2.5% x asset dalam akun

Contoh:

Bapak A selama 1 tahun penuh memiliki total asset account senilai Rp100.000.000,-. Jika harga emas saat ini Rp622.000,-/gram, maka nishab zakat senilai Rp52.870.000,- (di dapat dari 85 gram x 622.000). Sehingga Bapak A sudah wajib zakat. Zakat maal yang perlu Bapak A tunaikan sebesar 2,5% x Rp100.000.000,- = Rp2.500.000

  • Isi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat

Saat berpuasa biasanya Kita sering bingung bagaimana menghabiskan waktu luang. Kebanyakan ketika menjelang berbuka puasa orang-orang memilih untuk jalan-jalan keluar rumah yang dikenal dengan istilah ngabuburit. Tapi sayang bulan Ramadhan tahun ini sepertinya ngabuburit diluar rumah menjadi tidak mungkin ya. Tapi jangan khawatir untuk menemani ngabuburit #dirumahaja bisa banget ikuti Live streaming di learning.most.co.id untuk mengisi waktu luang sekaligus menambah wawasanmu dalam berinvestasi.

Jadwal Training Investasi Minggu ke 4 bulan April

  • Mulai hijrah ke investasi syariah

Banyak sekali bentuk hijrah yang bisa Kita lakukan, salah satunya adalah hijrah finansial. Apalagi di saat pandemik seperti ini finansial menjadi hal yang wajib dipikirkan. Nah untuk memulainya bisa dengan memilih produk investasi yang syariah seperti reksa dana syariah dan saham syariah. Belum memiliki rekening efeknya? Buka rekeningnya sekarang yuk! Online di MOST Sharia melalui bit.ly/DaftarMOSTSharia

Itu dia tips dari Mandiri Sekuritas ya #SobatMapan Semoga bulan Ramadhan ini tetap bisa menjadi bulan yang penuh berkah walaupun pandemik masih melanda. Selamat berpuasa, semoga dilancarkan sampai menuju kemenangan.